Hasrat untuk Meningkatkan Kualitas Pelayan Rumah Sakit

image

Hasrat untuk Meningkatkan Kualitas Pelayan Rumah Sakit

Berhasratkan Anda untuk menerapkan sistem manjemen kualitas ISO 9001:2000 pada Rumah Sakit yang Anda pimpin?

Berikut disampaikan beberapa langkah untuk menerapkannya baik secara bersamaan atau tidak berurut, tergantung kultur dan kematangan kualitas organisasi Rumah Sakit Anda, antara lain:

  1. Memperoleh komitmen dari manajemen puncak. Tanpa komitmen manajemen puncak, implementasi sistem manajemen kualitas ISO 9001:2000 akan sangat sulit diterapkan bahkan tidak mungkin untuk diterapkan.
  2. Membentuk Komite Pengarah (Steering Committee) atau koordinator ISO.
  3. Mempelajari persyaratan-persyaratan standar dari sistem manajemen kualitas ISO 9001:2000. Memahami persyaratan sistem manajemen kualitas ISO 9001:2000 adalah kunci sukses menuju keberhasilan dari suatu proses dokumentasi dan implementasi.
  4. Melakukan training kepada semua anggota organisasi; Manajer, supervisor, anggota organisasi lainnya, mengenai sistem manajemen kualitas ISO 9001:2000.
  5. Memulai peninjauan ulang manajemen (management review). Pimpinan organisasi harus mendelegasikan tanggung jawab kualitas dari perusahaan itu kepada wakil manajemen (management representative), yang biasanya adalah manajer kualitas. Tinjauan ulang manajemen harus dimulai dengan memfokuskan pada persyaratan-persyaratan standar sistem manajemen kualitas ISO 9001:2000.
  6. Mengidentifikasi kebijakan kualitas, prosedur-prosedur, dan instruksi-instruksi yang dibutuhkan yang dituangkan dalam dokumen-dokumen tertulis. Ada empat level dokumentasi, yaitu: manual sistem kualitas, prosedur-prosedur, instruksi-instruksi dan formulir-formulir.
  7. Implementasi sistem manajemen kualitas ISO 9001:2000. Sekali sistem manajemen kualitas ISO 9001:2000 dibangun maka sistem manajemen kualitas yang ada selama ini harus dimodifikasi, dan dokumentasi pendukung dibuat sehingga implementasi menjadi sukses.
  8. Memulai audit sistem manajemen kualitas perusahaan, dilakukan oleh internal auditor yang telah ditunjuk oleh perusahaan ( berasal dari unit yang berbeda).
  9. Menunjuk konsulatan ISO, dalam hal ini manajemen harus jeli memilih konsultan, pilihlah konsultan yang benar-benar profesioanal dan teruji, untuk memudahkan pemilihan ini lakukanlah study banding pada organisasi/rumah sakit lain yang telah mendapatkan sertifikat ISO 9001:2000.
  10. Memilih Registrar.
  11. Registrasi.


Berikut adalah nama beberapa lembaga registrasi sistem manajemen kualitas ISO 9001:2000

  1. ABS Quality Evaluations ABS QE
  2. American European Services AES
  3. American Assosiation for Laboratory Accreditation A2LA
  4. A.G.A Quality A.G.A
  5. British Standards institutions BSI
  6. Bureu Veritas Quality International (North America) Inc. BVQI
  7. Sucofindo Register Quality Assurance SRQA
  8. TUV America TUV
  9. TUV Rheinland of North America, Inc. TUV RHEINDLAND
  10. Quality Management Institute QMI

Fri, 8 Sep 2017 @10:42

Copyright © 2018 Jasa Perizinan · All Rights Reserved
powered by sitekno