Mechanical dan Electrical Rumah Sakit

image

Mechanical dan Electrical Rumah Sakit

Pembangunan sebuah hospital menempati rangking teratas dalam hal komplesitasnya bila dibandingkan dengan public building yang lain (hotel, perkantoran, kampus dll), untuk itu diperlukan pemahaman yang sama pada tim yang terlibat dalam proses pembangunan sebuah hospital, berikut adalah beberapa hal penting yang nampaknya sederhana namun sering “terlewatkan” dalam proses perencanaan hingga pelaksanaan pembangunan hospital.

Mechanical:
Pneumatic tube system
Perangkat distribusi material farmasi, laboratorium, dan data antar unit (tidak diperuntukan bagi distribusi bahan dan peralatan makanan), harus dipasang oleh agen resmi yang ada sesuai produk yang dipilih, dan ada jaminan pemakaian original material untuk semua system yang terpasang.

Fire alarm, smoke detector, fire hydarant, dan portable fire extinguisher
Instrument pencegahan dan penaggulangan bahaya kebakaran, pemasangannya disesuaikan dengan lokasi dan jenis apinya, dipasang pada semua bagian didalam dan luar hospital (pilar hydran)

Incenerator
Peralatan pengalahan limbah padat hospital dengan cara pembakaran, posisisnya diusahakan sejauh mungkin dengan main building dan pemukiman

Waste water treatment plant
Pengolahan limbah cair hospital, untuk efisiensi masih dapat digunakan system konvensional, namuan diharuskan tidak ada kebocoran dari air tanah pada bak penampungnya agar pertumbuhan bakteri pengurainya baik.

Medical Gas Central:
Instalasi pipa gas harus dikerjakan oleh perusahaan yang memiliki pengalaman khusus sebagai kontraktor gas medis di hospital, pemipaan harus rapih, dan finishingnya di beri tanda pada masing-masing pipanya serta di buatkan jalur shaft khusus menuju ke semua lantai, sebaiknya semua bed diberi fasilitas gas medis outlet, untuk efisiensi tenaga dan alsasn k3

Plumbing works:
Instalasi pipa air bersih, hydrant, air kotor, dan air panas harus dibuatkan shaft tersendiri, terpisah dengan shaft listrik dan jalur pipa condenser ac dan medical gas) dilengkapi kategori perbedaan warna dan diskripsi pada masing-masing pipanya.

AC system:
Tata udara pada ruang selain ICU, OK, Recovery, Delivery, Isolasi dan Laboratorium sebaiknya menggunakan system Fresh and return air, bukan AC split

Water treatment
Kebutuhan air untuk hospital memiliki perlakuan khusus (ICU, Lab, OK, CSSD, Delivery, dan Poli gigi), kualitas air harus rendah fed an sink, sehingga perlu di treatment. Loaksi ini sebaiknya juga dibuat kan rumah tersendiri, pemasangan pompa-pompa air harus rapih dan systematic.

Lift pasien, pengunjung, dan barang
Untuk keperluan transportasi di dalam hospital bertingkat lebih dari dua lantai sebaiknya di pasang lift dan ramp (untuk kasus emergency: bencana alam dan kebakaran), bedakan jenis lift untuk pasien dan pengunjung, posisikan lift untuk pasien dan barang terlindung dari access umum, lift untuk pasien sebaiknya menggunakan pass trough, sehingga alur keluar dan masuk ke ward blocknya memenuhi standard alur, lift barang dapat di fungsikan sebagai pembawa jenazah (gunakan type khusus). Untuk distribusi makanan dapat menggunakan lift pengunjung, namun trolley-nya harus dirancang khusus, rapat dan bagus.


Electrical:
Power resources:
Transformer, generator, amf ats, stabilizer, ups, main panel, distribution panel, dan steam boiler harus dibuatkan rumah tersendiri (power house) dan terpisah dengan main building. Untuk distribusi listrik pada masing-masing lantai dibuatkan panel listrik dan diletakkan pada shaft electrical jangan kombinasikan dengan instalasi lain.
Insatalasi listrik harus dilakukan pengetesan sebelum di operasikan, semua grounding harus memenuhi standard medis, termasuk didalamnya grounding untuk penangkal petir.

Nurse Call:
System komunikasi antaara perawat dengan pasien seperti hospital pada umumunya menggunakan nurse call, didalam toilet harus dilengkapi dengan emergency call menggunakan pull hand switch.

Telephone system:
Demi kenyamanan dan kelancaran komunikasi baik internal maupun eksternal, hospital harus dilengkapi dengan instalasi telepon yang terintegarasi dengan IT dan billing. Mutlak diperlukan PABX dengan advance technology, sehingga untuk minimal 10 tahun kedepan masih dapat sinkron dengan perkembangan teknologi.

Armature lamp
Konsep sinar redup sah-sah saja tapi tidak untuk bagian tertentu yang memerlukan intensitas cahaya lebih tinggi (OK, ICU, Farmasi, Radiology, Laboratorium), gunakan jenis lampu hemat energi dan mudah car penggantiannya serta rapat housingnya.

Dalam hal fungsionlisasi hospital, arsitek tetap diberi keleluasaan untuk berkreasi, tetapi function value-nya tetap menjadi prioritas, Ruang OK, ICU, CSSD dan Radiology memerlukan perlakuan khusus dari semua jenis bahan yang diperlukan, dinding, lantai, plafond dan jenis serta arah membukanya pintu harus sinkron dengan alur hospital secara keseluruhan

Fri, 16 Mar 2018 @16:36

Copyright © 2018 Jasa Perizinan · All Rights Reserved
powered by sitekno