Gerakan Pembangunan Berwawasan Kesehatan

image

Gerakan Pembangunan Berwawasan Kesehatan

Gerakan pembangunan berwawasan kesehatan adalah inisiatif semua komponen bangsa dalam menetapkan perencanaan pembangunan selalu berorientasi untuk mengedepankan upaya promotif dan preventif pada masalah kesehatan, walaupun bukan berarti mengesampingkan kegiatan kuratif. 
Gerakan tersebut berlaku untuk semua komponen bangsa yang harus berpartisipasi secara aktif baik yang berupa kegiatan individu, keluarga, kelompok masyarakat, instansi pemerintah ataupun swasta. Promotif yang dimaksud adalah suatu upaya untuk meningkatkan status kesehatan dan menjaganya dari semua kemungkinan-kemingkinan yang menyebabkan timbulnya penyakit dan masalah kesehatan. Kegiatan tersebut bisa berupa meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan, menjaga kebugaran tubuh, mengatur menu seimbang termasuk didalamnya kegiatan rekreasi dan pembinaan mental spiritual.


Pembangunan Berwawasan Kesehatan diantaranya: 
1. Promotif 
a) Meningkatkan pengetahuan 
b) Menjaga stamina tubuh 
c) Menu seimbang


2. Preventif 
a) Imunisasi 
a) Hygiene 
b) Lingkungan 
c) Amdal 
d) Taat lalu lintas 
e) Keselamatan kerja


3. Kuratif 
a) Pengobatan 
b) Rehabilitasi


Kegiatan preventif dapat dilaksanakan dengan cara mencegah dan menghindari timbulnya penyakit dan masalah kesehatan lain. Kegiatan ini bisa berupa pemberian imunisasi, perbaikan lingkungan ( hygiene dan sanitasi )baik perorangan, perumahan, industri rumah tangga maupan indistri perusahaan. Kegiatan preventif juga diulakukan untuk menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas juga kereta api dan keselamatan kerja terhadap seluruh pekerja termasuk pekerja perusahaan. Pada tingkat perusahaan dan departemen dampak lingkungan dengan kegiatan analisa dampak lingkungan ( AMDAL).Pada departemen yang terkait misalkan Departemen Pertanian harus dipikirkan juga bagaimana mencegah dan mengurangi terjadjadi semua industri perusahaan dalam mengolah produknya harus sudah inya dampak insectisida terhadap penggunanya.


Contoh yang lain : misal pada kegiatan industri perusahaan, memikirkan dampak lingkungan utamanya terhadap pengolahan polutan (limbah produksi) sehingga memenuhi batas ambang kesehatan yang ditentukan.


sumber:sarjanakesehatan.blogspot.co.id

Fri, 16 Mar 2018 @11:38

Copyright © 2018 Jasa Perizinan · All Rights Reserved
powered by sitekno