Perumusan Masalah Kebijakan Kesehatan

image

Perumusan Masalah Kebijakan Kesehatan

Masalah kebijakan adalah nilai kebutuhan atau kesempatan yang belum terpenuhi, tetapi dapat di identifikasikan dan dicapai melalui tindakan publik. Tingkat permasalahan tergantung pada nilai dan kebutuhan apa yang dipandang paling penting. Menurut Dunn (1988) beberapa karakteristik masalah pokok dari masalah kebijakan, adalah :

1. Interdepensi (saling ketergantungan) Interdepensi yaitu kebijakan suatu bidang seringkali mempengaruhi masalah kebijakan lainnya. Kondisi ini menunjukkan adanya sistem masalah. Sistem masalah ini membutuhkan pendekatan holistik, satu masalah dengan yang lain tidak dapat di pisahkan dan diukur sendirian.

2. Subjektif Subjektif yaitu kondisi eksternal yang menimbulkan masalah diindentifikasi, diklasifikasi dan dievaluasi secara selektif. Contoh: Populasi udara secara objektif dapat diukur (data). Data ini menimbulkan penafsiran yang beragam (Gangguan kesehatan, lingkungan, iklim, dll). Muncul situasi problematis, bukan problem itu sendiri.

3. Artifisial Artifisial yaitu pada saat diperlukan perubahan situasi problematis, sehingga dapat menimbulkan masalah kebijakan. 

4. Dinamis Dinamis yaitu masalah dan pemecahannya berada pada suasana perubahan yang terus menerus. Pemecahan masalah justru dapat memunculkan masalah baru, yang membutuhkan pemecahan masalah lanjutan.

5. Tidak terduga Tidak terduga yaitu masalah yang muncul di luar jangkauan kebijakan dan sistem masalah kebijakan. Terjadinya masalah-masalah tersebut dilatarbelakangi oleh beberapa faktor,

yaitu:

 

  • 1. Faktor Sosial Ekonomi Pendidikan rendah, penghasilan rendah sehingga menyebabkan kurangnya kesadaran dalam pemeliharaan kesehatan.
  • 2. Gaya hidup dan perilaku masyaralat Kebiasaan yang merugikan kebiasaan adat istiadat yang tidak menunjang kesehatan.
  • 3. Lingkungan masyarakat (peran masyarakat)
  • 4. Sistem pelayanan kesehatan Cakupan pelayanan kesehatan yang belum menyeluruh, sarana dan prasarana yang kurang menunjang, keterbatasan tenaga dan penyebaran tenaga kesehatan yang belum merata, upaya pelayanan masih bersifat kuratif.

Fri, 16 Mar 2018 @10:57

Copyright © 2019 Jasa Perizinan · All Rights Reserved
powered by sitekno