Puskesmas Rasa Rumah Sakit, Layanan Kesehatan Gratis nan Canggih

image

Puskesmas Rasa Rumah Sakit, Layanan Kesehatan Gratis nan Canggih


wali kota akassar Moh Ramdhan Pomanto membuat survei tentang kelompok paling rentan yang harus dibantu lebih dulu. Hasilnya, warga miskin yang sakit adalah golongan yang paling butuh bantuan.

"Saya putuskan yang harus kita sentuh pertama adalah kesehatan masyarakat. Kalau orang sakit, tidak akan sembuh dia hanya dengan lihat taman. Kalau orang sakit, tidak akan sembuh dengan keindahan saja," kata Danny, sapaan akrabnya, saat ditemui di Makassar, beberapa waktu lalu.

Janji Danny kemudian diwujudkan dengan menyediakan layanan kesehatan yang mumpuni. Salah satunya adalah meningkatkan standar Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Bukti itu ada di Puskesmas Kassi Kassi yang berlokasi di Jalan Tamalate I, Kelurahan Kassi Kassi, Kecamatan Rappocini.

Puskemas ini tak kalah dengan klinik kesehatan, bangunannya megah berlantai tiga. Tidak hanya megah, pelayanan di Puskesmas Kassi Kassi juga sudah modern.

"Semuanya sudah distandarisasi. Tujuannya agar jika ada warga yang sakit tidak perlu melulu harus ke Rumah Sakit," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar Naisyah T Azikin, Rabu, 4 Januari 2017

Selain bangunan yang diperindah, lanjut Naisyah, pelayanan hingga fasilitas juga ditingkatkan. Seluruh pelayanan di puskesmas itu sudah berbasis daring. "Mulai dari pendaftaran pasien hingga jika ada pasien yang hendak dirujuk ke salah satu rumah sakit," ujar dia.

Pasien yang hendak dirawat di Puskesmas Kassi Kassi cukup mendaftar via online di laman yang tersedia. Sedangkan jika hendak dirujuk ke rumah sakit, pihak puskesmas bakal mendaftarkan pasien tersebut via online ke Rumah Sakit agar diketahui rumah sakit mana yang memiliki kamar kosong dan dapat melayani dengan cepat.

Adapun fasilitas keren yang dimiliki oleh Puskesmas berlantai tiga ini di antaranya, seluruh ruang perawatan ber-AC, pantauan CCTV, dan pelayanan pemeriksaan online dari satu ruangan ke ruangan lain. 

"Selain itu, ada delapan dokter umum dan sejumlah dokter spesialis," imbuh Naisyah.

Thu, 15 Mar 2018 @13:59

Copyright © 2018 Jasa Perizinan · All Rights Reserved
powered by sitekno